Posting

Tips Menyiapkan Anggaran Liburan

Tentu saja musti ada budget liburan yang terpisah dari tabungan pendidikan, pos kesehatan dan pos pengeluaran mendadak serta renovasi rumah. Berapa jumlahnya tergantung kemampuan Anda, dan ke mana tujuan liburan.

  1. Penyisihan dana liburan bisa dilakukan dengan menabung dalam jumlah sama setiap bulan atau menganggarkan sekian persen dari bonus maupun penghasilan tambahan yang jumlahnya tidak perlu sama. Yang penting, jangan Anda ‘colek’ sedikit pun tabungan atau pos keuangan lain.
  2. Tentukan lokasi tujuan liburan. Sesuaikan pemilihan kota atau negara tujuan wisata dengan isi dompet. Cantumkan jumlah uang yang akan digunakan untuk berlibur. Siapakan kertas, alat tulis dan kalkulator bila Nad atergolong orang yang sulit menghitung secara manual. Mulailah menulis jumlah uang untuk berlibur, dan kota-kota yang akan Anda pilih.
  3. Tuliskan perkiraan biaya akomodasi: transpotasi, penginapan, biaya lain-lain (seperti, tiket masuk wisata, ongkos parkir, laundry, dan aneka tip), dan konsumsi.

Perhatikan:

  1. Pengeluaran untuk makan adalah paling utama saat berlibur. Dengan kreativitas dan perencanaan, Anda dapat menghemat uang dan membeli makanan yang tidak mahal tapi bukan junk food, untuk tiga kali sehari.
  2. Saat menentukan tempat menginap, pikirkan kemungkinan menyewa tempat yang dilengkapi mini kitchen atau pantry dan microwave, kompor gas atau kompor listrik dan kulkas kecil untuk menyimpan bahanmakanan dan buah-buahan atau jus buah. Guest house biasanya memiliki fasilitas ini.
  3. Bila memilih tempat menginap semacam guest house, Anda dapat menghemat biaya konsumsi. Uang dialokasikan untuk membeli bahan-bahan mentah dan bumbu masak beserta peralatan makan. Namun tetap cadangkan biaya untuk tetap dapat menikmati hidangan lokal di lokasi wisata.

Sumber : www.ayahbunda.co.id

Top